Drawing New Perspectives: SEAMEO CECCEP Hosts Webinar on the use of Cartoon-Based Research with Prof. Sally Pirie

  • News
  • April 26 , 2024

Pada Hari Jumat tanggal 26 April 2024, SEAMEO CECCEP mengadakan webinar yang juga disiarkan secara langsung di Youtube. Webinar ini bertemakan "The Use of Cartoon Based Research" yang dibawakan langsung oleh ahlinya, prof. Sally Pirie dari University of Massachusetts Amherst. Banyak yang menghadiri webinar ini termasuk para dosen, guru, dan petugas pemerintah.

Acara ini diawali dengan sambutan hangat dari direktur SEAMEO CECCEP yaitu prof. Vina Adriany. Beliau menyampaikan harapannya kepada prof. Sally, semoga kesempatan ini adalah yang pertama dari banyaknya keynote yang akan dilakukan Prof. sally. Harapannya di masa depan Seameo Ceccep bisa mengundang Prof. Sally ke Bandung.

Dalam presentasinya prof. Sally memaparkan mengenai comic conventions sebagai research tool, advantages and disadvantages of comic-based research (CBR), dan sebagainya. Di awal prof. Sally menjelaskan mengenai berbagai bentuk Art-based research biasanya dipakai. Dalam data analysis karya seni digunakan sebagai sarana untuk terlibat dengan data dan melakukan analisis menyeluruh, hal ini dapat membantu penulis memahami pengalaman mereka dan orang lain serta menyaring cerita apa yang ingin penulis sampaikan.

Sebagai orang yang ahli dalam comic-based research, prof. Sally memberikan saran jika kita ingin melakukan CBR. Kita harus membiasakan diri menggambar setiap hari dan berfokus kepada bagaimana perasaan dari gambarnya bukan bagaimana gambar itu terlihat. Selain itu membawa sketchbook kemanapun juga membantu kita untuk rutin menggambar. Masuk ke komunitas dan ranah profesional mengenai karya seni dan mengenal sesama peneliti yang menggunakan CBR sangat membantu kita berkembang di bidang ini.

Prof. Sally juga menekankan mengenai keuntungan dan kekurangan menggunakan CBR. Keuntungan dari CBR selain karena menulis dan menggambar itu menyenangkan, terkadang menggambar membuat peneliti lebih mudah mengerti data mereka. CBR juga menawarkan kompleksitas dan nuansa serta menggantikan keutamaan teks konvensional sebagai lingua franca akademik. Sementara kekurangan dari CBR adalah terkadang sulit untuk melepaskan teks konvensional dan membiarkan gambar berbicara.

Sesi webinar ditutup dengan sesi QnA. Banyak pertanyaan menarik dilontarkan kepada prof. Sally. Terakhir adalah penyerahan e-sertifikat sebagai token of appreciate oleh Mr. Ith Vuthy, M.Sc, MA.

 

Share This News

Comment