Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris: Kegiatan Mingguan USIEL SEAMEO CECCEP


Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) kembali mengadakan kegiatan rutin mingguan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para staf dengan Upgrade Skills in English Language atau disingkat USIEL. USIEL kali ini diadakan pada hari Senin, 30 April 2024 di Auditorium SEAMEO CECCEP.

Setiap staf diberikan kesempatan untuk mempresentasikan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini, Bapak Paison dan Ibu Fatima menjadi presenter. Paison mempresentasikan pengalamannya bekerja di SEAMEO CECCEP dengan menggunakan bahasa Inggris yang dibantu oleh guru bahasa Inggrisnya. Sedangkan Ibu Fatima, sebagai petugas dari divisi Penelitian dan Pengembangan, menjelaskan tentang ketertarikannya pada orang tua dan anak-anak untuk penelitiannya. Sebagai lulusan dari Monash University, dan orang yang sangat berpengalaman dalam bidang yang dipresentasikannya, beliau menyampaikan presentasi dengan sangat baik dan lancar.

Selain para presenter, para staf dan peserta magang juga diberi kesempatan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan menjadi MC dan moderator. Mereka dilatih untuk dapat menjadi pembawa acara dan mengatur acara dalam bahasa Inggris. USIEL ditutup dengan sesi tanya jawab.

Ada sebuah pertanyaan menarik yang diajukan kepada Ibu Fatima mengenai apa yang harus dilakukan oleh seorang adik untuk membantu mengingatkan kakaknya yang akan segera menikah muda, mengenai tanggung jawab sebagai orang tua. Jawaban dari Ibu Fatima pun sangat bijak. Sebagai seorang adik, Anda mungkin merasa khawatir dengan kakak Anda. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mencoba mengingatkannya dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan mengirimkan postingan di media sosial yang berkaitan dengan hal tersebut. Karena kakaknya sebagai orang dewasa juga harus memahami tanggung jawab yang akan diemban di masa depan.

Pelaksanaan program USIEL ini selain melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris juga membuat para peserta acara mendapatkan pengetahuan baru mengenai hal-hal yang disampaikan dalam presentasi. Sampai jumpa di sesi berikutnya! 

Share This News

Comment