Direktur SEAMEO CECCEP menghadiri Unesco World Conference on Early Childhood Care and Education

  • News
  • November 17, 2022
Direktur SEAMEO CECCEP, Prof. Vina Adriany, PhD menghadiri Unesco World Conference on Early Childhood Care and Education pada 14-17 November 2022 di Tashkent Uzbekistan. Konferensi World Conference on Early Childhood Care and Education (WCECCE) merupakan pertemuan antar pemerintah (Kategori II) yang bertujuan untuk menegaskan kembali hak setiap anak atas kualitas perawatan dan pendidikan sejak lahir dan mendesak komitmen baru negara-negara anggota untuk investasi dalam target tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) 4.2.

Tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) 4.2 menyerukan untuk memastikan bahwa “semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan, pengasuhan, dan pendidikan anak usia dini yang berkualitas sehingga mereka siap untuk pendidikan dasar”.

Prof. Vina Adriany, PhD menjadi salah satu pembicara dalam sesi paralel tentang parenting. Dia menekankan kebutuhan untuk melampaui model pengasuhan defisit serta urgensi untuk mengembangkan model pengasuhan yang sensitif secara budaya. 

Dia menyoroti beberapa program parenting SEAMEO CECCEP, termasuk mindful parenting dan ethnoparenting. Dalam kunjungannya, ia juga melakukan pertemuan dengan Direktur SEAMES, Dr. Ethel Venezuela dan Duta Besar KBRI Uzbekistan, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata. Konferensi ini juga membuka kemungkinan jaringan dan kolaborasi dengan organisasi lain di bidang PAUD dan parenting

Konferensi WCECCE menghasilkan Deklarasi Tashkent. Indonesia menjadi salah satu anggota tim penyusun Deklarasi Tashkent bersama negara-negara anggota lainnya yang meliputi Uzbekistan, Prancis, Irlandia, Latvia, Yaman, Palestina, Fiji, Senegal, Nigeria, dan Brasil. 

Deklarasi tersebut mendorong lebih banyak pendanaan publik di PAUD sebagai upaya untuk menyediakan PAUD universal bagi semua anak, khususnya bagi anak-anak dari latar belakang yang terpinggirkan dan rentan.

#educationstartsearly
#UNESCO
#WCECCE




Share This News

Comment