Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu memberikan fasilitas pelatihan bagi para guru PAUD

Direktur SEAMEO CECCEP, Prof Vina Adriany PhD., mengapresiasi upaya Pemerintah Ogan Komering Ulu dalam memberikan pelatihan mindful and love caring bagi guru PAUD. Pelatihan ini merupakan agenda kerjasama antara SEAMEO CECCEP, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu. Sebanyak 70 guru PAUD mengikuti pelatihan Pengasuhan Penuh Kesadaran dan Kasih Sayang (P2K2S) (8/9/22).

P2K2S adalah praktik pengasuhan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan perannya sebagai diri sendiri dan sebagai orang tua. Dalam pelatihan ini, orang tua tidak secara eksklusif diajarkan tentang bagaimana bereaksi dengan baik terhadap situasi pengasuhan atau bahkan strategi sistematis dalam pengasuhan, tetapi pelatihan ini menekankan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari dan situasi pengasuhan yang dapat meningkatkan kualitas pengasuhan dan interaksi sehari-hari antara orang tua dan anak.

Pada kesempatan ini H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M, M.Pd, (Bupati Ogan Komering Ulu) menyampaikan apresiasinya atas banyaknya antusias peserta yang mengikuti kegiatan ini. Ia juga menekankan pentingnya kapasitas yang berkualitas bagi guru PAUD. Pendidikan anak usia dini yang berkualitas dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup anak di masa yang akan datang.


Kepala Dinas Pendidikan berharap peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius. Pendidikan anak usia dini menjadi penting mengingat anak usia dini berada pada masa keemasan sehingga memerlukan perhatian penuh. Direktur SEAMEO CECCEP juga mengapresiasi peran organisasi pemerintah di OKU dalam mendukung dan mendorong pentingnya pendidikan anak usia dini. Prof Vina juga mengharapkan kerjasama yang lebih baik antara SEAMEO CECCEP dan Pemerintah Ogan Komering Ulu dalam program dan penelitian yang akan datang.

Pelatihan ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu: Modul 1 tentang Pengasuhan Penuh Perhatian dan Kasih Sayang, Modul 2 tentang Stres Pengasuhan dan Reaksi Otomatis, Modul 3 tentang rasa syukur & contoh berlatih bersyukur, pernapasan penuh perhatian dan pengamatan penuh perhatian, Modul 4 tentang berbicara dan Sadar. dan Mendengarkan dengan Penuh Kasih), Modul 5 tentang Praktik Kebersihan Pribadi yang Penuh Perhatian), Modul 6 tentang Gizi Seimbang, Keamanan Pangan, Pemberian makan yang responsif.